Sunday, August 22, 2010

Jadilah Pendengar!




Kehidupan manusia sepanjang hidupnya tak dapat dilepaskan dari bersosialisasi. Sejak terlahir hingga ajal merenggut manusia selalu bersosialisasi dengan manusia lainnya. Sosialisasi yang dimaksud adalah berbicara dan mendengar. Banyak dari kita menjadi pribadi-pribadi dengan kemampuan verbal mengagumkan, lihat saja motivator di televis atau seminar yang memberikan motivasi kehidupan dengan sangat berapi-api dan meyakinkan.

Kita pun akan akan berubah menjadi motivator ulung ketika diberikan kesempatan untuk melakukannya. Lihat saja ketika teman mengalami musibah maka ribuan kata akan terlontar dari mulut kita tanpa script yang telah dipersiapkan. Berbicara bagi sebagian orang menjadi ajang aktualisasi diri terhadap lawan bicara, kita lebih senang mengumbar identitas kita daripada mendengarkan identitas orang lain. Dari berbicara pula lah lahir sosok-sosok besar dunia dengan kemampuan mengubah keadaan lewat ucapannya. Lewat bicara pula terkadang kita menjatuhkan orang lain serendah-rendahnya dengan ucapan yang tak pantas. Kritik pedas dan makian terselip dari bicara kita.

Berbicara tentunya memerlukan wawasan yang luas, wawasan tersebut tentu ada batasnya. Nah, disinilah pentingnya dari wawasan yang kita miliki. wawasan dan pengetahuan yang kita miliki terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita bicarakan terhadap lawan bicara.

sadarkah kita jika mendengarkan itu amat penting. Dari sanalah kita akan mendapatkan wawasan yang kita tidak miliki dari lawan bicara. bahkan dari orang bodoh sekalipun ada hal penting yang dapat kita petik dari sekedar mendengarkan. Akan tetapi bukan berarti kita harus mendengarkan pembicaraan yang tidak bermanfaat bahkan cenderung meracuni otak kita. Tulisan ini hanya ingin memberitahukan betapa pentingnya mendengarkan lawan bicara.

No comments:

Post a Comment

indonesian supporters