Wednesday, October 13, 2010

13-10-10

Aku terbangun dari tidur yang sangat tidak nyenyak, pikiran bercabang tak tentu arah. Berharap ada secercah harapan esok hari. Di Kamar tak ada yang ku lakukan kecuali diam dan menghayal apa yang akan terjadi esok. Pagi menyingsing dan aku tak tak bisa tidur, sidang yang akan beberapa jam lagi ku hadapi membuat ku gelisah sepanjang malam.


Sidang ku hadapi dengan sangat gugup, sakit perut terus mengiringi ku saat sidang skripsi. Pertanyaan demi pertanyaan mampu ku jawab walau terkadang menghadirkan gelak tawa penguji dan penonton sidang. Yap, aku memang terkenal konyol di kalangan teman kampus ku, entah mengapa mereka bisa menilai aku sebagai pribadi yang konyol dan yang pasti tidak peka terhadap perasaan wanita, ah entah lah. Hampir satu jam kemudian sidang selesai dan aku berharap-harap cemas mengenai hasil sidang, dan syukur Alhamdulillah aku lulus..hoosshhh..


Perasaan bercampur aduk ketika mendengar pengumuman tersebut, akan tetapi mayoritas cabang-cabang pikiranku bermuara pada satu hal, perjuangan. Yap, perjuangan ku selama hampir 7 bulan ini tak sia-sia. Begitu banyak cobaan dan keegoisan yang telah aku lakukan. Selama mengerjakan skripsi hampir tiap bulan aku mendaki gunung bahkan pernah sampai ada yang dua pendakian di dalam satu bulan. Banyak foto yang sengaja aku tidak unggah agar teman-teman ku tidak menilai diriku sebagai orang yang gila jalan. Akan tetapi dari semua perjuangan itu, hal yang paling aku syukuri adalah aku mampu mengkhatamkan Al-Quran di malam sebelum aku sidang, selain itu aku mampu mencapai tanah tertinggi di PuLau Jawa, Mahameru!. Semeru memendam kisah sendiri buat diri ku, bertahun-tahun gagal untuk pergi mendakinya, hingga aku pernah berujar jika aku harus menggapainya sebelum lulus kuliah, alhamdulillah semua dapat terkabulkan.


Lulus bukan berarti telah berakhirnya perjuangan, akan tetapi awal dari perjuangan yang lebih berat kedepannya. Banyak pendakian-pendakian kehidupan yang menantang di depan, bak pasir mahameru yang bisa menelan siapa saja yang tak mampu survive ketika melewatinya. Semoga aku mampu melewatinya, sebagaimana aku menggapai 3676 mdpl dan berguna bagi individu lain di sekitar ku. Amin! (Kamar sumpek, 13-10-10)

No comments:

Post a Comment

indonesian supporters