Monday, April 5, 2010

Straight Edge





Entah mengapa gue jadi pengen nulis tentang pergerakan straight edge. mungkin karena abis dengerin band-band hardcore yang bisa gue bilang legend di Indonesia atau karena otak gue udah terlalu singit mikirin magang dan skripsi? entahlah..

straight edge atau disingkat sxe merupakan movement yang tumbuh dan berkembang di amerika tahun 1970 yang menjadi awal mula pergerakan ini. klo gak salah itu merupakan salah satu judul minor threat (klo gak salah ye). entah mengapa pergerakan ini lekat dengan aliran musik hardcore. mungkin karena awal dari gerakan ini ada pada genre HC.

inti dari sxe adalah suatu gerakan yang tidak merokok, tattoo, pierching, seks bebas, drugs abuse dll. klo gue simpulkan inti dari sxe sama dengan yang agama Islam larang.
mereka yang menganut sxe dapat dilihat dari nama yang diselipkan huruf x, misalnya xantox (klo ngerokok kadang2 itu sxe gak ya? hahaha)

band2 yg menganut sxe juga menyelipkan huruf x dinama band mereka. meskipun gak absolut sih.
tapi itu merupakan tanda buat mereka sebagai sxe.
bisa dibilang band2 kaya gini udah jarang gue temuin, mungkin era 2003-2005 masih gue temuin pas gigs band penganut sxe.

terlepas dari sombong atau apalah, tak salahnya kita apresiasi mereka dengan pergerakannya.
tapi menurut gue gak harus punya band hardcore ataupun menyelipkan huruf x di nama kita, karena islam juga telah mengajarkan kita bahwa hal-hal yang bagi penganut sxe tabu dilakukan juga dilarang dalam islam.
jadi jika kita telah menjalankan islam dengan baik sama aja kaya sxe.

sama halnya juga dengan budaya casuals ala hooligans inggris. gak perlu pake fred perry, ben sherman dl untuk menjadi hooligans casuals. karena semua itu bukan pada seragam yang kita kenakan tapi jiwa kita teman.

No comments:

Post a Comment

indonesian supporters