Saturday, December 18, 2010

SBY Nonton, Densus Ikut Amankan

Laga kedua semifinal Piala AFF 2010 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, nanti malam (19/12) kembali bakal ditonton Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena itu, penjagaan di sekitar stadion benar-benar dimaksimalkan. Tak tanggung-tanggung, Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri ikut bertugas.

"Tidak ada ancaman (teror), tapi disiagakan penuh," ujar seorang perwira polisi yang bertugas di lapangan kepada Jawa Pos kemarin (18/12). Dia menyebutkan, Korps Burung Hantu berkoordinasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk memastikan keamanan SBY dan rombongan. Salah satu alasan Densus ikut berjaga adalah kelompok-kelompok teroris di Indonesia mempunyai koneksi dengan jaringan militan di Filipina Selatan yang selama ini berseberangan dengan pemerintah di sana.

"Kami hanya mengantisipasi. Sebab, teror dalam momentum seperti ini sangat berbahaya. Nilainya strategis bagi kelompok-kelompok itu. Istilahnya, sekali melempar batu, dua sasaran kena," tutur perwira tersebut.

Karena itu, aparat tidak mau ambil risiko. Radius 50 meter sekitar presiden di SUGBK bakal steril dari para penonton yang tidak termasuk rombongan VIP. Pemeriksaan terhadap barang bawaan penonton juga akan dimaksimalkan. "Juga, ada rencana menurunkan polisi berkuda dan unit K-9 dari Direktorat Polisi Satwa Baharkam Mabes Polri," ujarnya.

Serangan terhadap kepentingan Filipina pernah terjadi pada 1 Agustus 2000. Saat itu, bom meledak di depan rumah dinas duta besar Filipina di Menteng, Jakarta. Dalam insiden tersebut, dua orang tewas dan 21 terluka. Pelakunya adalah Abdul Jabar bin Ahmad Kandai (divonis penjara 20 tahun), Faturohman Al Ghozi (tewas), dan Edi Setiono (divonis 10 tahun).
Pekan lalu, polisi juga menangkap Musthafa alias Abu Tholut yang pertama membuka kamp pelatihan Hudaibiyah di wilayah Moro, Filipina Selatan. Selama ini, Tholut dikenal memiliki jaringan dan akses untuk mendatangkan senjata dari Filipina Selatan ke Indonesia.

Di tempat terpisah, Polda Metro Jaya mengerahkan tiga ribu personel untuk mengamankan pertandingan sepak bola Piala AFF 2010 antara Indonesia melawan Filipina di SUGBK nanti malam. "Pengamanan ditambah dibanding pertandingan sebelumnya," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Baharudin Djafar saat dihubungi kemarin.

Dia menyatakan, personel Polda Metro Jaya akan mengamankan lokasi di sekitar SUGBK ditambah petugas dari Polres Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, serta Jakarta Barat. "Jumlah anggota belum termasuk dari kewilayahan untuk mengatur arus lalu lintas," ungkapnya. Baharudin menyatakan belum menerima laporan intelijen soal adanya potensi gangguan keamanan menjelang pertandingan. "Semoga semua lancar dan aman," katany

No comments:

Post a Comment

indonesian supporters